Pengenalan Aplikasi

Administrator / HR

Langkah Pertama dalam proses registrasi Xemart HR

📝 Panduan Registrasi Akun Admin / HR di Website Xemart HR

Silahkan membuka laman website Xemart HR pada link: XEMART HR

✅ Langkah 1: Buka Website Resmi

📍 Akses melalui browser:
                                            Ketikkan alamat https://hr.xemart.id di browser Chrome, Firefox, atau Edge.
Halaman utama akan tampil seperti ini:
main-first


✅ Langkah 2: Melakukan Pengisian Data

  • Nama Bisnis/usaha Anda
  • E-mail Aktif
  • Kode Verifikasi Pendaftaran
  • Password yang kuat
main-first
Gambar Halaman Register

Aktivasi Akun

Proses Aktivasi

Proses Aktivasi Akun ini, sistem akan mengirimkan kode verifikasi pada email yang telah di daftarkan

main-first
Gambar Input Kode Verifikasi
main-first
Contoh Kode Verifikasi

Setelah proses verifikasi selesai, maka akan diarahkan ke halaman Login

Pengenalan Halaman Dashboard Admin

Pengaturan Halaman Dashboard Admin / HR

Setelah melakukan proses Login, Admin dapat masuk ke halaman Dashboard untuk melihat berbagai menu yang dapat diakses seperti:

  • Menu Home
  • Menu Master Data
  • Menu Izin Karyawan
  • Menu Presensi
  • main-first
    Gambar Halaman Dashboard Admin

Bisnis Profile

📌 Menu Bisnis Profil

main-first

Menu Bisnis Profile berfungsi untuk mengatur data bisnis yang digunakan pada aplikasi Xemart HR, seperti:

  • Nama Bisnis
  • Alamat Bisnis
  • Nomor Telepon Bisnis
  • Email Bisnis
  • Hari Libur
  • Pengaturan Hari Kalender

Selain digunakan untuk mengatur data bisnis profile, menu ini juga digunakan untuk mengubah E-mail dan Password Admin / HR, apabila ingin mengubah E-mail dan Password maka dapat mengakses menu Ubah E-mail dan Ubah Password pada halaman Bisnis Profile.


Admin

📌 Menu Admin

main-first

Menu Admin berfungsi untuk mengatur data Admin / HR yang digunakan pada aplikasi Xemart HR, seperti:

  • Nama Admin
  • Cabang Kantor
  • Jabatan Admin
main-first
Gambar Data Admin

Sebelum melakukan pengaturan data Admin, pastikan sudah mengisi data pada menu Cabang apabila memiliki lebih dari 1 (satu) cabang, dan mengisi data pada menu Jabatan apabila memiliki lebih dari 1 (satu) jabatan.

Cabang

📌 Menu Cabang

Menu Cabang berfungsi untuk mengatur data Cabang yang digunakan pada aplikasi Xemart HR, seperti:

  • Nama Cabang
  • main-first
    Gambar Daftar Cabang

    main-first
    Gambar Tambah Daftar Cabang

    Bagian ini Administrator atau HR dapat menambahkan data cabang yang dimiliki, apabila memiliki lebih dari 1 (satu) cabang, maka dapat menambahkan data cabang pada menu ini.

Koordinat Presensi

📌 Menu Koordinat Presensi

Menu Koordinat Presensi berfungsi untuk mengatur data Koordinat Presensi yang digunakan pada aplikasi Xemart HR, seperti:

  • Nama Lokasi
  • Latitude
  • Longitude
  • Radius Presensi (Satuan Meter)
  • Timezone
  • Status
  • Menu Koordinat ini digunakan untuk mengatur lokasi presensi karyawan, sehingga karyawan dapat melakukan presensi pada lokasi yang telah ditentukan. Cukup dengan Klik tombol Add New kemudian mengisi data yang diperlukan, seperti nama lokasi, latitude, longitude, radius presensi, timezone, dan status. Setelah itu klik tombol Save untuk menyimpan data koordinat presensi yang telah diisi.

    main-first
    Gambar Daftar Koordinat

    main-first
    Gambar Pengisian Koordinat
    Untuk mendapatkan koordinat lokasi, Anda dapat menggunakan aplikasi Google Maps atau GPS pada smartphone Anda. Ikuti langkah berikut:
    • Buka aplikasi Google Maps atau GPS pada smartphone Anda.
    • Cari lokasi yang ingin Anda gunakan sebagai koordinat presensi.
    • Tekan dan tahan/klik kanan pada lokasi tersebut untuk mendapatkan koordinatnya.
    • Salin koordinat (latitude dan longitude) yang ditampilkan.


    main-first
    Gambar Ambil Data Latitude dan Longitude

Kategori Izin Full Day

📌 Menu Kategori Izin Full Day

Menu Kategori Izin Full Day berfungsi untuk mengatur data Kategori Izin Full Day yang digunakan pada aplikasi Xemart HR, seperti:

  • Kode Cuti (Dapat diisi sesuai administrator)
  • Nama Kategori Izin
  • Status Izin Aktif/Tidak Aktif
  • main-first
    Gambar Daftar Izin

    main-first
    Gambar Pengisian Perizinan

    Bagian pengisian data Perizinan ini Administrator atau HR dapat menambahkan data Kategori Izin Full Day yang dimiliki, apabila memiliki lebih dari 1 (satu) kategori izin, maka dapat menambahkan data kategori izin pada menu ini. Kode Cuti dapat diisi sesuai dengan keinginan Administrator atau HR, misalnya: CUTI, SAKIT, IZIN atau dikombinasikan dengan angka atau huruf lainnya.

Kategori Jabatan

📌 Menu Jabatan

Menu Jabatan berfungsi untuk mengatur data Jabatan yang digunakan pada aplikasi Xemart HR, seperti:

  • Nama Jabatan
  • Jenis Jam Kerja
  • main-first
    Gambar Daftar Jabatan

    main-first
    Gambar Pengisian Jabatan

    Bagian pengisian data Jabatan ini Administrator atau HR dapat menambahkan data Jabatan yang dimiliki, apabila memiliki lebih dari 1 (satu) jabatan, maka dapat menambahkan data jabatan pada menu ini. Jenis Jam Kerja dapat diisi sesuai dengan keinginan Administrator atau HR, misalnya: Jam Kerja Pagi, Jam Kerja Siang, Jam Kerja Malam

Kategori Karyawan

📌 Menu Data Karyawan

Menu Karyawan berfungsi untuk mengatur data Karyawan yang digunakan pada aplikasi Xemart HR, seperti:

  • Tanggal Masuk
  • Nama Karyawan
  • User ID
  • Cabang
  • Jabatan
  • main-first
    Gambar Daftar Karyawan

    main-first
    Gambar Pengisian Karyawan

    Pada bagian pengisian data Karyawan ini Administrator atau HR dapat menambahkan data Karyawan yang dimiliki, apabila memiliki lebih dari 1 (satu) karyawan, maka dapat menambahkan data karyawan pada menu ini. User ID akan terbentuk secara Otomatis oleh sistem, di awali dengan Kode Perusahaan - Nomor User ID. User ID ini akan digunakan oleh Karyawan untuk melakukan login pada aplikasi Xemart HR, sehingga pastikan User ID dan password yang diisi sesuai dengan data.

    Device Terdaftar adalah perangkat yang digunakan oleh Karyawan untuk melakukan presensi, maka pastikan karyawan sudah melakukan login dan aktivasi terlebih dahulu untuk mendapatkan Device ID, apabila ingin melakukan reset Device ID, maka dapat mengakses menu Reset Device pada halaman Dashboard Admin.

Kategori Izin Half Day

📌 Menu Izin Half Day

Menu Izin Half Day berfungsi untuk mengapprove data Kategori Izin Half Day yang digunakan pada aplikasi Xemart HR main-first

Gambar Daftar Izin Half Day

pada bagian ini Administrator atau HR dapat mengapprove Izin yang diajukan oleh Karyawan, apabila ada Karyawan yang mengajukan Izin Half Day, maka akan muncul pada menu ini.

Kategori Izin Full Day

📌 Menu Izin Full Day

Menu Izin Full Day berfungsi untuk mengapprove data Kategori Izin Full Day yang digunakan pada aplikasi Xemart HR main-first

Gambar Daftar Izin Full Day/Cuti

pada bagian ini Administrator atau HR dapat Approve atau Reject Izin yang diajukan oleh Karyawan, apabila ada Karyawan yang mengajukan Izin Full Day, maka akan muncul pada menu ini.

Daftar Presensi

📌 Menu Daftar Presensi

Menu Daftar Presensi berfungsi untuk melihat data Presensi Karyawan yang digunakan pada aplikasi Xemart HR, seperti:

  • Tanggal Presensi
  • Nama Karyawan
  • Jabatan
  • Jam Masuk
  • Keterlambatan
  • Jam Pulang
  • Keterlambatan Pulang
  • Lokasi Presensi

main-first
Gambar Daftar Presensi Karyawan

Pada bagian ini Administrator atau HR dapat melihat data Presensi Karyawan yang telah melakukan presensi pada aplikasi Xemart HR, apabila ada Karyawan yang melakukan presensi, maka akan muncul pada menu ini. Beserta titik lokasi dan jam presensi yang dilakukan oleh Karyawan, apabila Karyawan melakukan presensi pada lokasi yang telah ditentukan pada menu Koordinat Presensi, maka akan muncul titik lokasi presensi pada peta.

Laporan Presensi

📌 Menu Laporan Presensi

< class="popins-data-helpex"> Menu laporan presensi berfungsi untuk melihat data Presensi Karyawan dalam 1 (satu) bulan yang digunakan pada aplikasi Xemart HR, seperti:
  • Data Tahun
  • Data Bulan
  • Data Percabang
  • Data Perjabatan

main-first
Gambar Daftar Laporan Presensi

Pada bagian ini Administrator atau HR dapat melihat data Presensi Karyawan dalam 1 (satu) bulan, apabila ada Karyawan yang melakukan presensi, maka akan muncul pada menu ini. Data yang ditampilkan adalah data Presensi Karyawan berdasarkan Tahun, Bulan, Cabang, dan Jabatan yang telah dipilih. Apabila ingin melihat data Presensi Karyawan pada bulan tertentu, maka dapat memilih Tahun dan Bulan yang diinginkan, kemudian klik tombol View untuk menampilkan data Presensi Karyawan pada bulan tersebut. Apabila ingin melihat data Presensi Karyawan pada Cabang dan Jabatan tertentu, maka dapat memilih Cabang dan Jabatan yang diinginkan, kemudian klik tombol View untuk menampilkan data Presensi Karyawan pada Cabang dan Jabatan tersebut.

main-first
Gambar Rekap Presensi Karyawan

Rekap Presensi Karyawan akan menampilkan data Presensi Karyawan dalam 1 (satu) bulan, yang terdiri dari:

  • Nama Karyawan
  • Jabatan Karyawan Cabang Karyawan
  • Rincian 1 Bulan Presensi
  • Total Jam Kehadiran
  • Total Jam Keterlambatan
  • Total Izin/Cuti

Rekap Presensi Karyawan ini dapat di Export ke dalam format Excel dengan cara klik tombol Export to Excel yang tersedia pada bagian kanan atas halaman.

Reset Device ID

📵 Reset Device ID Smartphone Karyawan

main-first

Apabila Karyawan ingin melakukan reset Device ID, maka dapat mengakses menu Karyawan pada halaman Dashboard Admin hr.xemart.id dan Administrator atau HR dapat menggunakan fitur Reset Device

⚠️ 1 (Satu) karyawan hanya dapat menggunakan User ID dan Password dari 1 Smartphone, apabila ingin berganti Smartphone maka perlu dilakukan Reset Device ID terlebih dahulu.